Selasa, 23 November 2010

Peranan Pemuda Dalam Kebudayaan Indonesia

peranan pemuda memnag penting untuk kemajuan bangsa dan tanah air kita semua. terutama masalah kebudayaan  yang ada di Indonesia.


Ada saatnya kita sebagai pemuda harus mencintai kebudayaan daerah kita masing masing. Kebudayaan sangat berperan penting dalam kemajuan dan martabat bangsa, maka dari itu kita harus bisa melestarikanya dan memeliharanya agar kekal abadi hingga anak cucu kita.





Tanpa adanya pemuda yang cinta kebudayaan mungkin bagi saya kebudayaan kurangmenonmjol dikalangan masyarakat, karena bagi saya masyarakat lebih cenderung merasakan suatu adegan atau suatu pertunjukan dikalangan pemuda.




Sebagai contoh kita bisa ambil pada saat kita melihat acarayang diadakan di kota Solo tepatnya diLapangan bola Manahan dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda. Disitu diperlihat kan banyaknya para pemuda yang berperan aktif dalam merayakanya.




Saya sendiri tidak melihat secara langsung dilapangan Manahan. Tapi saya melhat acara langsung disebuah station tv swasta. Menuerut saya acara tersebut bisa membangkitkan rasa akan cinta terhadap kebudayaan dan cinta kepada Tanah Air Bangsa kita Bangsa Indonesia.




Diacara tersebut diperlihatkan pertunjukan antara lain;


drama tentang penjajahan


pertunjukan pakaian adat dari seluruh daerah Indonesia


pertunjukan Tarian daerah


tentang perkembangan Bangsa Indonesia


dll




Acara tersebut bener membikin saya sebagai Pemuda Indonesia merasa bangga terhadap bansgsa ,dan mencintai kerbudayaan serta mencintai akan Tanah Air kita.

Disana para pemuda justru berperan aktif dalam memeriahkan perayaan hari Sumpah Pemuda tersebut.







Bahkan saya sebagai orang jawa ingin sekali pulang kekota Solo untuk ikut serta memeriahkan acara tersebut. Dan saya mengajak para pemuda Indonesia untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian budaya indonesia dan mengajak para pemuda untuk selalu mencintai Tanah Air bangsa kita.




Kalau kita lihat dalam acara tersebut tidak adanya campur tangan para pemuda mungkin bagi saya acara tersebut cuma bisa bikin orang bosen lihat, karena pera pemuda lebih suka nonton pertujukan kalau yang membawakanya juga para pemuda.







Dalam memperingati sumpah pemuda tahun ini saya terfokus pada isu antara Pemuda dankebudayan. Kebudayaan adalah hasil dari proses peradaban manusia yang bermula darii ditemukannya alat-alat, barang-barang yang jadi perlambang primitifisme dan dinyatakannya proses modernitas sesuai dengan jamannya.




Budaya awalnya dari kebiasaan merespon keadaan luar diri dan lingkungan yang diadaptasi untuk bisa diterima secara seksama dilingkungannya. sebagai pemuda indonesia yang baik dan mencintai negara kita seharusnya kita menjaga dan melestarikan kebudayaan negara kita agar tidak punah seiring dengan berjalan nya waktu yang semakin meningkatnya dunia modern.




Melihat gencarnya pengaruh kebudayaan barat yang masuk dan merusak moral-moral bangsa ini sudah saatnya di hari Sumpah Pemuda ini para pemuda indonesia merapatkan barisan untuk lebih memperhatikan kebudayaan kita yang kaya akan kearifan lokal.



Saya mendukung sekali acara atau peringatan sumpah pemuda kemaren dikota Solo. Bagai saya acara tersebut betul betul menunjukan betapa pentingnya peranan pemuda dalam kebudayaan kita.

Semoga dari peringatan dalam rangka memperingati hari besar Sumpah Pemuda kita bisa lebih menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar