Kamis, 06 Oktober 2011

Ciri,Unsur Dan Teori Organisasi


Organisasi merupakan suatu wadah untuk menjalankan suatu tujuan bagi yang telah dibuat / ditetapkan bersama. Organisasi bisa dikatakan juga sebagai tempat dimana orang-orang atau perkumpulan melakukan suatu kegiatan dengan kerja sama tiap anggota perkumpulan itu demi mencapai tujuan yang diinginkan bersama. Organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.  Adanya komponen (atasan dan bawahan).
2.  Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang).
3.  Adanya tujuan.
4.  Adanya sasaran.
5.  Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.
6.  Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
7.  Adanya komunikasi antar suatu anggota dengan yang lain.
Ciri-ciri Organisasi Modern

1. Organisasi bertambah besar.
2. Pengolahan data semakin cepat.
3.Penggunaan staf lebih intensif.
4.Kecendrungan spesialisasi.
5.Adanya prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi.
6.Unsur-unsur organisasi lebih lengkap.
UNSUR ORGANISASI
Organisasi tidak hanya memiliki ciri-ciri saja yang bisa kita pelajari tetapi unsur organisasi pun bisa kita pelajari. Dalam organisasi unsurnya sebagai berikut :
  • Sebagai wadah atau tempat bekerja sama
Organisasi merupakan tempat dimana sekumpulan orang menjalankan aktifitas dengan bekerja sama agar tujuan yang telah dibuat bersama bisa tercapai.
  • Proses kerjasama sedikitnya 2 orang
Di dalam organisasi melakukan kerjasama minimal dilakukan sedkitnya 2 orang. Untuk lebih sempurna lebih bagus bekerjasama dengan banyak orang. Dengan banyak orang melakukan kerjasama maka tujuan yang akan dicapai akan lebih mudah. Kerjasama tanpa oraganisasi pun tidak akan berjalan dengan baik karena cara kerja yang dilakukan tidak dikelola secara baik karena tidak mempunyai suatu organisasi.
  • Jelas tugas kedudukannya masing-masing
Dengan adanya organisasi maka tugas kedudukan masing-masing akan semakin jelas. Tidak ada lagi yang bingung dengan apa yang dia kerjakan. Karena dengan adanya organisasi bisa diatur dan dikelola dengan baik supaya berjalan dengan baik.
  • Adanya tujuan tertentu
Dalam suatu organisasi sangat penting adanya untuk orang yang dapat mengatur organisasi dengan baik. Apabila perencanaan kurang baik tetapi organisasinya baik maka hasilnya pun akan baik.
Teori Organisasi
Organisasi bukan sekadar kumpulan orang dalam kelompok atau jamaah tertentu. Tetapi organisasi mempunyai dua atribut inti yakni sekumpulan orang dan sistem. Sistem adalah kesatuan nilai integral yang dianut dan dipatuhi untuk dijalani bersama agar mencapai tujuan bersama (bukan sekadar tujuan yang sama).
Sebenarnya texxt book mengenai bahasan apa itu organisasi dan seluk beluknya amatlah banyak. Baik terbitan luar negri maupun karangan lokal sudah sedemikian banyaknya. Ilmu yang spesifik menyebut ‘organisasi’ memang baru hangat dituangkan dalam bentuk tulisan dan diperbincangkan semenjak satu hingga dua abad lalu. Walaupun sebenarnya ketika penciptaan manusia telah menuntut kehidupan sosial, organisasi telah ada. Mungkin pada abad pertengahan, sama halnya dengan ilmu-ilmu lain yang seolah sengaja ditenggelamkan oleh pihak barat, ilmu ‘organisasi’ telah eksis.



sumber;
http://nurrahmanarif.wordpress.com/2009/05/12/teori-organisasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar