Rabu, 30 Maret 2011

Pendapat Tentang Penderitaan Siksaan Dan Phobia


Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin, atau lahir batin.
Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidalmya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenilcmatan dan kebahagiaan.
Penderitaan akan dialami oleh semua orang, hal itu sudah merupakan "risiko" hidup. Tuhan memberikan kesenangan atau kebahagiaan kepada umatnya, tetapi juga memberikan penderitaan atau kesedihan yang kadang-kadang bennakna agar manusia sadar untuk tidak memalingkan dariNya. Untuk itu pada umumnya manusia telah diberikan tanda atau wangsit sebelumnya, hanya saja mampukah manusia menangkap atau tanggap terhadap peringatan yang diberikanNya? . Tanda atau wangsit demikian dapat berupa mimpi sebagai pemunculan rasa tidak sadar dari manusia waktu tidur, atau mengetahui melalui membaca koran tentang terjadinya penderitaan. Kepada manusia sebagai homo religius Tuhan telah memberikannya

Siksaan
Siksaan merupakan suatu penderitaan yang diterima oleh seseorang. Penderitaan itu sendiri berbentuk penganiayaan. Seseorang mengalami penganiyaan yang membuatnya mendapat siksaan dan merasa tersiksa. Kenyamanan tentu saja tidak dapat oleh seseorang yang mengalami siksaan tersebut. Dengan siksaan yang didapat oleh seseorang, pastilah akan membuat orang itu mendapat luka baik luka fisik maupun luka hati atau yang lebih terkenal dengan nama ‘sakit hati’. Bahkan tidak hanya luka yang didapat oleh orang yang disiksa, akan tetapi juga tidak sedikit dendam yang timbul dari orang yang disiksa tersebut terhadap orang yang menyiksanya. Oleh karena itu mestinya tak ada lagi orang yang semena-mena menyiksa orang lain agar tak timbul lagi suatu dendam. Yaitu dengan membuat peraturan atau hukum yang sudah ada seprti sekarang ini

Phobia
Phobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal. Phobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap Phobia sulit dimengerti. Itu sebabnya, pengidap tersebut sering dijadikan bulan bulanan oleh teman sekitarnya. Ada perbedaan “bahasa” antara pengamat fobia dengan seorang pengidap fobia. Pengamat fobia menggunakan bahasa logika sementara seorang pengidap fobia biasanya menggunakan bahasa rasa. Bagi pengamat dirasa lucu jika seseorang berbadan besar, takut dengan hewan kecil seperti KECOA atau CECAK. Sementara dibayangan mental seorang pengidap fobia subjek tersebut menjadi benda yang sangat besar, berwarna, sangat menjijikkan ataupun menakutkan.

Macam-macam Phobia

Acro-phobia
phobia pada ketinggian

Agora-phobia
phobia pada keramaian / situasi yang padat hingga memicu kepanikan

Arachno-phobia
phobia pada laba-laba

Claustro-phobia
phobia pada ruang tertutup / sempit

Helio-phobia
phobia pada sinar matahari (vampire 'kali yah?)

Xeno-phobia (bukan 'xena' lho
http://www.AkuPercaya.com/images/smilies/tongue.gif)
phobia pada orang asing / tak dikenal

Homo-phobia
phobia pada situasi diskriminasi terhadap perilaku homoseksual

Pteromerhano-phonia (ala maakkk..!! susah istilahnya )
phobia saat terbang dengan pesawat

Necro-phobia
phobia terhadap kematian / hal-hal yang berbau kematian

Hydro-phobia
phobia pada air

Triskaideka-phobia
phobia pada mitos kemalangan angka "13"

Photo-phobia
phobia pada cahaya (hampir mirip dengan Helio-phobia) namun tidak terbatas pada cahaya Matahari

Islamo-phobia
phobia / kekhawatiran terhadap teror / gerakan garis keras sebuah agama

Coulro-phobia
phobia pada badut

Glosso-phobia
phobia / gugup pada saat bicara di depan publik (demam panggung)

Aichmo-phobia
phobia pada jarum / benda tajam

Ophidio-phobia
phobia pada ular

Selacho-phobia
phobia pada ikan hiu

Emeto-phobia
phobia muntah di depan umum (?) bener ga yah???

Pyro-phobia
phobia pada api

yg paling unik:
Arachibutyro-phobia
phobia kalau makan selai kacang lengket di langit2 mulut.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar